Sabtu, 09 April 2011

Jenis dan Manfaat Kayu Bertuah

Seperti janji TB di postingan pengertian kayu bertuah dan manfaat kayu bertuah, Pada kesempetan ini Toko-Blog menulis artikel Jenis dan manfaat kayu bertuah yang ditujukan bagi semua kalangan tentunya... yups sahabat Toko-Blog yang saya hormati, kalau belum ngerti maksud bertuah bisa baca dulu pada postingan TB  di artikel pengertian kayu bertuah sini. ntar baru nglanjutin baca materi yang ini zaw... (gak nyuruh ceeee... cuma buat yang kagak ngerti kaya ane!!! he he)   
Di bawah ini yang TB rekomendasikan "jenis kayu bertuah di indonesia" salah satunya termasuk jenis kayu bertuah di jepara karimun jawa yang ada di kota ane sob..(Karimun Jawa-kota Jepara Jawa tengah)... bagi yang berminat mengoleksi bisa hubungi TB aja...

1. SETIGI / STIGI adalah kayu yang paling populer diantara kayu bertuah. Kayu ini tergolong langka dan dapat ditemui di pulau-pulau kecil seperti kepulauan Karimunjawa, Jepara.
Kayu Setigi yang asli, berwarna hitam tenggelam jika dimasukkan di air walaupun hanya kecil. Kayu Setigi ini banyak dimanfaatkan para jawara agar “kebal pukul” dan jika memukul lawan, menyebabkan pingsan. Jika kayu ini ditempelkan pada bekas gigitan hewan berbisa seperti ular atau kalajengking bisa langsung menempel dan menyedot bisanya agar keluar.. dan ini telah terbukti dari waktu ke waktu... jika ada sahabat TB yang ga percaya boleh aja... ot...
Fungsi Kayu setigi
 untuk :
• Meningkatkan kharisma
• Penangkal santet, guna-guna, dll
• Kekebalan (bagi yang cocok)
• Kewibawaan
• Keselamatan jiwa
• Penyembuhan tulang/Rhematik
• Memudahkan rezeki
           Kayu setigi / stigi
 hampir sama dengan kayu Naga Sari. Ditangan orang berahlak baik, kayu ini menjadi “generator” bagi kekuatan spiritualnya, namun energi kayu Setigi juga menjadi kecil jika dipegang orang yang buruk prilakunya.
Kayu setigi tumbuh pada tanah yang tidak subur dan berbatu. Karena dihimpit benda keras menyebabkan teksturnya tidak merata (belang). Setigi asal dari Madura warnanya hitam kemerah-merahan.
Bagi Yang berminat tasbih setigi / stigi pastikan membeli dengan hati-hati. Karena Banyak beredar tasbih Setigi palsu. Tanda dari yang palsu, jika dibelah warna bagian dalam kayu berbeda dengan bagian luarnya. Misalnya, sisi luar hitam namun bagian dalamnya lebih putih.. sahabat bisa email ke TB jika benar-benar berminat (tokobloger@gmail.com)

2. DEWANDARU
Kayu amat langka ini dulu banyak ditemukan di pulau Karimunjawa sebelah utara Jepara, diyakini bertuah menolak hewan buas dan ular, menyembuhkan gigitan ular berbisa dan menjaga keselamatan. Kayu ini kurang baik dibawa dalam perjalanan berperahu karena sifatnya mendatangkan angin taufan.
Ada 2 macam kayu Dewandaru, yang dipercaya asli tumbuh d idesa Nyamplung, konon jelmaan dari tongkat yang ditinggalkan Sunan Kudus, seorang wali Kerajaan Demak. Sedangkan Kayu Dewandaru dari Gunung Kawi, walau jenisnya lain dengan yang ada di Karimunjawa tetapi dipercaya berkhasiat sama.
 Kayu ini hampir sama dengan kayu setigi / stigi kadang juga disebut sebagai pasangan kayu setigi ada yang berkeyakinan juga bahwa kayu dewandaru ini akan lebih berkhasiat jika di gabungkan dengan kayu setigi dan kayu kalimosodo.

3. KAYU KALIMASADA
Pasangan lain dari kayu Setigi adalah kayu Kalimasada/kalimosodo. Kayu ini bobotnya lebih ringan, warnanya lebih hitam dibanding kayu Setigi. Ketiga kayu (Setigi, Dewa Dharu dan Kalimasada) jika disatukan, menjadi energi yang sangat kuat saling melengkapi. Setigi berkarakter “api” yang dinamis, sedangkan Dewa Dharu lebih kuat unsur sejuk dan meredam gejolak.
Secara khusus, kayu Kalimasada berfungsi untuk :
  • Meningkatkan keluhuran budi
  • Cerdas dan mudah saat menghadapi masalah
  • Melancarkan rezeki
  • Karisma dan keselamatan, dll
Nama Kalimasada diberikan pada kayu ini menggambarkan perpaduan antara unsur lembut dan satria. Dewa Dharu mewakili karakter Pandawa lima. Yaitu, Yudhistira yang jujur, lembut dan tulus, Bima yang keras, Janaka yang kharismatik dan Nakula – Sadewa yang pintar, rendah hati dan senantiasa mendinginkan saat sedang ada masalah. Kayu kalimasada ini juga banyak terdapat di Pulau karimun Jawa Kota Jepara.
 
4. KAYU GALIH ASEM berasal dari hati pohon asam yang sudah berusia ratusan tahun.
Asam Jawa, Celagi, Tangkal Acem (Tamarindus Indicus Linn)
Pohon Asam sangat popular di Indonesia dengan tinggi mencapai 30 m dan diameter mencapai 60 – 70 cm. Daun dan buahnya banyak digunakan untuk obat. Asam Kawak adalah buah asam yang telah dibersihkan dari biji dan seratnya kemudian dikukus sekitar 10 menit, diberi sedikit garam, dibentuk seperti bola dan dijemur disinar matahari. Asam kawak ini digunakan untuk obat macam macam, diantaranya penyakit tenggorokan. Bijinya disebut Klungsu, diyakini dapat menolak roh jahat, khususnya dari Kerajaan Kidul. 
Pohon Asam sangat popular di Indonesia dengan tinggi mencapai 30 m dan diameter mencapai 60 – 70 cm. Daun dan buahnya banyak digunakan untuk obat. Asam Kawak adalah buah asam yang telah dibersihkan dari biji dan seratnya kemudian dikukus sekitar 10 menit, diberi sedikit garam, dibentuk seperti bola dan dijemur disinar matahari. Asam kawak ini digunakan untuk obat macam macam, diantaranya penyakit tenggorokan. Bijinya disebut Klungsu, diyakini dapat menolak roh jahat, khususnya dari Kerajaan Kidul. Biji asam yang hitam legam sebanyak 3-9 biji jika ditaruh dalam lampu mobil/motor dipercaya dapat menghindari kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh mahluk halus. Bagian hitam dari teras asam dinamakan Galih Asam, bertuah untuk keselamatan, menolak Jin jahat dan anti tenung. Jika dipukulkan pada seseorang yang mempunyai daya magic hitam maka biasanya akan punah kesaktiannya. Galih Asam hanya baik dipakai oleh pemimpin berhati “Satriya Pandita”, kayu ini juga bagus untuk Warangka Keris.
Khasiat dari kayu galih Asam ini untuk :
Keteguhan hati
Keselamatan
Kesehatan
Alat pijat yang ampuh
Melumpuhkan ilmu kebal
Galih asam yang memiliki power maksimal yang ditemukan dari pohon yang separo pohonnya sudah lepas tetapi pohonnya masih hidup, terdapat lubang bagian tengah dan galih bagian atas dan bawah terputus seperti stalaktit- stalaknit dalam goa.

5. KAYU CENDANA

Aslinya berwarna kuning agak kemerahan, berbau wangi, kayu ini diyakini bertuah didekati arwah leluhur, jangan membawa pusaka yang berwarangka Cendana bilamana menengok orang sakit karena dipercaya dapat mempercepat ajalnya. Tosan aji yang diberi warangka Cendana akan berbau harum dan lebih awet.
Insya Allah Berkhasiat Untuk :
- Sebagai penguat kayu lain
- Ketenraman
- Penguat rasa do'a
- Keluhuran budi
- Bersifat kalem karena keharumannya

6. SECANG (Caesalpinia Bonducella Flemm / C. Sappan Linn)
Pohon secang tumbuh dimana-mana, ditanam sebagai pagar hidup atau pohon liar, pohonnya penuh duri, kayu gubal berwarna putih sedang bagian terasnya berwarna merah darah. Rendaman atau seduhan air panas kayu secang ini berwarna merah dikenal sebagai obat manjur penyakit yang ditandai keluarnya darah seperti demam berdarah, mimisan, muntah darah, berak darah bahkan penyakit darah tinggi, juga untuk menyembuhkan penyakit gula darah (DM), jantung, infeksi ginjal dan lever.

7. KELOR (Moringa Olefera Lamk)
Semua bagian pohon ini dipercaya bisa untuk obat. Jika ada orang yang kejang-kejang atau kesurupan atau kena hawa jahat (sawan) dari jenazah, cobalah tengkuknya dan semua persendian tubuhnya digosok dengan remasan daun kelor, biasanya ia segera siuman. Orang yang punya kesaktian tertentu (Black Magic) biasanya juga akan punah bilamana dipukul dengan cabang pohon kelor. Tidak semua pohon kelor memiliki bagian teras yang berwarna hitam yang biasa disebut GALIH KELOR, bagian kayu ini sering dicari sebagai jimat karena dipercaya dapat menunjang ilmu kanuragan dan kebal terhadap senjata tajam. Galih Kelor tidak dianjurkan dibawa oleh mereka yang berpembawaan lekas naik darah.
Oke sampai disini dulu zaw sahabat Toko-Blog, artikel jenis-jenis kayu bertuah di Karimun Jawa ntar TB lanjutin lagi soalnya TB udah ngantuk pengen jalan-jalan dulu..??? di tunggu artikel berikutnya jenis-jenis kayu bertuah... bagi yang berminat mengoleksi kayu (setigi, dewandaru dan kalima sada) bisa hubungi TB aja. dan dijamin keaslian kayu tersebut karena di ambil langsung dari pulau karimun jawa di jepara yang terkenal dengan kayu tersebut...Email : say_bandt@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar