Rabu, 09 November 2011

Jalan Kaki Menyehatkan

Menurut para ahli yang hadir di pertemuan tahunan ke-55 the American College of Sport Medicine (ACSM), berjalan menawarkan kombinasi terbaik dalam kemudahan dan dapat dilakukan di setiap aktivitas olahraga. Presentasi menekankan bahwa berjalan merupakan salah satu jalan terbaik untuk mencapai jumlah aktivitas fisik harian yang direkomendasikan. Faktanya hampir setiap orang dapat mengambil bagian di dalamnya tanpa biaya mahal.
Catrine Tudor-Locke, Ph.D., FACSM, salah seorang pimpinan sesi mengatakan bahwa ada banyak bentuk latihan kardiovaskular yang meningkatkan kesehatan dan kebugaran, seperti berlari, bersepeda, dan renang. Tapi, dari sudut pandang program latihan terbaik bagi kebanyakan orang, berjalan merupakan yang terbaik.
Berjalan juga menawarkan banyak kesempatan bagi partisipan karena dapat dilakukan untuk berbagai alasan, seperti transportasi atau mengajak anjing berjalan malam. ACSM merekomendasikan paling sedikit aktivitas fisik sedang selama 30 menit 5 kali seminggu atau lebih yang menurut Tudor-locke dapat secara mudah dicapai dengan berjalan. Aktivitas intensitas rendah membantu mencegah atau mengobati penyakit-penyakit kronik.
Seperti program latihan lain, berjalan masih perlu sejumlah perencanaan bagi kebanyakan orang, khususnya mereka yang pekerjaannya melibatkan banyak waktu. Studi yang dipresentasikan menemukan korelasi langsung tingginya waktu yang dihabiskan untuk duduk dan kurangnya waktu yang digunakan untuk berjalan pada hari itu.
Sebuah pedometer dapat membantu menghitung jumlah langkah per hari. Jumlah yang direkomendasikan biasanya sekitar 10.000 langkah. Hal yang menarik tentang berjalan adalah tidak peduli seberapa besar pendapatan Anda, Anda dapat melakukannya. Sebuah pedometer dapat berguna untuk menghitung langkah, tapi yang lain dapat berupa sepasang sepatu tenis, tidak perlu adanya peralatan khusus.
Lebih jauh, berjalan dapat digunakan untuk menentukan kebugaran kardiovaskular pada wanita setengah baya. Studi ketiga yang dipresentasikan pada sesi itu menunjukkan bahwa berjalan jarak jauh (400 meter dibagi 10 keliling lapangan) adalah metode uji lapangan yang efektif untuk mengukur kebugaran pada 74 wanita berumur 45-65 tahun.

Sumber  : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar