Minggu, 04 Desember 2011

Rumah Teletubbies, Rumah Unik anti Gempa

kalian yang sudeh pernah melihat acar hiburan anak-anak Teletubbies pasti tahu seperti apa brntuk rumah Teletubbies, Rumah teletubbies adalah model rumah dimana bentuknya menyerupai sebuah bola yang dipotong pada penampang bulatnya.

bagi anda yang belum tahu bagaimana bentuk rumahnya, beginilah bentuk rumahnya :

Sebenarnya bentuk rumah seperti itu namanya bukan rumah teletubbies, tapi rumah Dome, atau rumah Igloo. Tapi berhbung model rumahnya ini terkenal karna dipakai di acara teletubbies ya jadinya kemudian rumah ini lebih populer dengan sebutan Rumah Teletubbies. Rumah model ini kesanya memang sangat aneh. Tapi , dibalik bentuknya yang unik, Rumah Teletubbies ini ternyata menyimpan berbagai manfaat lho. Rumah Teletubbies adalah model rumah yang paling aman untuk meredam gempa dan angin topan. Lho, kok bisa ya ?

begini rahasianya..


Seluruh rancangan besi beton melapisi seluruh penampang

Bentuk bulat dari rumah dome dibuat dengan cetakan berbentuk balon (airform), kemudian diatas cetakan balon ini dicor beton semen. Dan semua besi rangka melapisi semua penampang tembok, Karena tidak ada sambungan pada rumah dome, yang merupakan titik lemah dari bangunan ketika diguncang gempa, maka rumah dome tahan gempa. Menurut arsiteknya, rumah dome ini juga mampu menahan terpaan angin 450 km/jam dan tahan berabad-abad

Rumah ini bisa menahan angin topan yang sangat besar sekalipun, hal ini dikarenakan aliran angin yang datang akan mengikuti lekuk bentuk rumah ini, sehingga angin tak akan mendorong tembok penampangnya. karna Model rumah yang mampu menahan angin inilah, maka kemudian orang eskimo membangun rumah dengan bentuk seperti ini. hal ini, hal ini karna rumah ini efektif untuk meredam suhu dingin yang bersumber dari angin.

beginilah penjelasanya :

angin dialirkan sesuai arah lingkaran

karna efektif meredam gempa, bahkan kemudian di Jogja, banyak dibangun rumah seperti ini, salah satu contohnya adalah kampung di susun nglepen Prambanan. Di kampung ini, hampir semua rumahnya berbentuk dome, rumah-rumah bentuk dome di kampung ini hasil bantuan dari World Association of Non-Govermental Organization (WANGO) dan Domes for the World Foundation (DFTW) yang memang khusus diberikan untuk korban gempa.

Begini nih gambar rumah dome dome kampung nglepen:



Rumah Dome ini juga ternyata banyak digunakan di Amerika serikat, tepatnya di daerah Florida, hal ini dikarenakan di sana benyek terjadi angin topan dengan kecepatan yang tinggi.

dan untuk interior bangunan, si perancang cukup mengatur tata letak ruangan sesuai penampang tepi lingkaran. beginilah gambaranya:

pembagian ruangan dengan menggunakan tepi lingkaran

pembagian ruangan dengan seluruh penampang lingkaran

Sumber: http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/03/rumah-teletubbies-rumah-unik-anti-gempa.html#ixzz1RZuYaNfT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar